Capaian Pembelajaran Lulusan
1. Capaian pembelajaran lulusan lulusan tahap akademik
Sikap (attitude)
CPL-1 | S-01 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
CPL-2 | S-02 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika dengan mengedepankan nilai nilai islami |
CPL-3 | S-03 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-4 | S-04 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-5 | S-05 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dengan mengedepankan nilai nilai islami |
CPL-6 | S-06 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-7 | S-07 | Menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-8 | S-08 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-9 | S-09 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur. |
CPL-10 | S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-11 | S11 | Berakhlakul karimah dalam bermuamalah yang bermanfaat bagi diri, masyarakat, bangsa dan negara |
CPL-12 | S12 | Menginternalisasikan misi persyarikatan Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan |
Keterampilan Umum (General Skills)
CPL-13 | KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
CPL-14 | KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
CPL-15 | KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
CPL-16 | KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
CPL-17 | KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
CPL-18 | KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-19 | KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dengan mengedepankan nilai nilai islami |
CPL-20 | KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dengan mengedepankan nilai nilai islami |
CPL-21 | KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiat dengan mengedepankan nilai nilai islami |
Keterampilan Khusus (Specific Skills)
CPL-22 | KK01 | Mampu mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganilisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik meliputi asuhan pra nikah, pra konsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak pra sekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur dan perimenopause) serta pelayanan KB |
CPL-23 | KK02 | Mampu mengidentifikasi secara kritis penyimpangan/kelainan sesuai lingkup praktik kebidanan |
CPL-24 | KK03 | Mampu mendemonstrasikan tatalaksana konsultasi, kolaborasi dan rujukan |
CPL-25 | KK04 | Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku |
CPL-26 | KK05 | Mampu menerapkan berbagai teori kontrasepsi termasuk AKDR dan AKBK |
CPL-27 | KK06 | Mampu mendemonstrasikan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar |
CPL-28 | KK07 | Mampu mendemonstrasikan pendokumentasian asuhan kebidanan sesuai standar yang berlaku |
CPL-29 | KK08 | Mampu mengembangkan KIE dan promosi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan teknologi informasi |
CPL-30 | KK09 | Mampu menerapkan teori manajemen kebidanan komunitas yang berbasis pada partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan interprofesional |
CPL-31 | KK10 | Mampu mengaplikasikan teori dan praktik pengambilan keputusan dan manajemen dalam pelayanan kebidanan sesuai kode etik |
CPL-32 | KK11 | Mampu mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer yang berlandaskan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-33 | KK12 | Mampu mendemonstrasikan terapi komplementer pada ruang lingkup intervensi tubuh, pikiran dan penyembuhan manual dalam pemberian asuhan kebidanan |
Pengetahuan (Knowledge)
CPL-34 | P01 | Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, ilmu anatomi dan fisiologi sistem tubuh manusia, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan, dan etika profesi secara mendalam |
CPL-35 | P02 | Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum. |
CPL-36 | P03 | Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik, biologi reproduksi dan biologi perkembangan yang terkait dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan proses asuhan |
CPL-37 | P04 | Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan publik di bidang kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan epidemologi dan biostatistik, kesehatan masyarakat |
CPL-38 | P05 | Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologis perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam terkait asuhan kebidanan sepanjang siklus reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orang tua |
CPL-39 | P06 | Menguasai konsep teoritis gizi dalam siklus reproduksi perempuan secara umum |
CPL-40 | P07 | Menguasai konsep dasar, prinsip, dan teknik bantuan hidup dasar (Basic Life Support) dan pasien safety |
CPL-41 | P08 | Menguasai konsep teoritis keterampilan dasar praktik kebidanan secara mendalam yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer |
CPL-42 | P09 | Menguasai konsep umum ilmu kesehatan masyarakat |
CPL-43 | P10 | Menguasai konsep umum patofisiologi yang terkait dengan asuhan kebidanan |
CPL-44 | P11 | Menguasai prinsip hukum peraturan dan perundangundangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum |
CPL-45 | P12 | Menguasai konsep teoritis komunikasi efektif, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dan konseling serta penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan kebidanan secara mendalam yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer |
CPL-46 | P13 | Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum |
CPL-47 | P14 | Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer |
CPL-48 | P15 | Menguasai konsep teori ilmu hakekat Tuhan, manusia dan kehidupan sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan hadits yang shahih dan ilmu pengetahuan |
CPL-49 | P16 | Menguasai konsep teori sejarah muhammadiyah, ideologi dan nilai perjuangan muhammadiyah dalam berbagai aspek |
CPL-50 | P17 | Menguasai konsep teori nilai-nilai islami dan berjiwa entrepreneur dalam pengembangan IPTEK |
CPL-51 | P18 | Menguasai konsep teori bahasa inggris; Listenning Skill, Speaking and Conversation Skill dalam praktik kebidanan dengan pendekatan komplementer yang berlandaskan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur |
CPL-16 | P19 | Menguasai konsep teori tentang terapi komplementer pada ruang lingkup intervensi tubuh, pikiran dan penyembuhan manual dalam pemberian asuhan kebidanan |
2. Capaian Pembelajaran Lulusan Tahap Profesi Bidan
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan b ermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
III | Aspek Keterampilan Umum |
KU1 | Mampu bekerja dibidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifikdan kompetensi kerja yang minimal setara dengan standart kompetensi kerja profesinya |
KU2 | Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif |
KU3 | Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya |
KU4 | Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaan oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat |
KU5 | Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja |
KU6 | Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi |
KU7 | Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya |
KU8 | Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya |
KU9 | Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan klienya |
KU10 | Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang profesinya sesuai dengankode etik profesinya |
KU11 | Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri |
KU12 | Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya |
KU13 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya |
IV | Aspek keterampilan Khusus |
KK1 | Mampu melakukan asuhan kebidanan secara holistik, komprehensif dan berkesinambungan yang didukung kemampuan berfikir kritis, reflektif dan rasionalisasi klinis dengan pertimbangan filosofi, keragaman budaya, keyakinan, sosial ekonomi, keunikan individu, sesuai lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur, dan perimenopause) serta pelayanan KB |
KK2 | Mampu mengelola pertolongan persalinan fisiologis atas tanggungjawab sendiri |
KK3 | Mampu melakukan deteksi dini, didukung kemauan berfikir kritis dan rasionalisasi klinis sesuai lingkup asuhan kebidanan |
KK4 | Mampu melakukan konsultasi, kolaborasi dan rujukan |
KK5 | Mampu melakukan penganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku |
KK6 | Mampu melakukan pelayanan kontraspesi alamiah, sederhana, hormonal, dan jangka (AKDR dan AKBK) dan konseling kontrasepsi mantap sesuai dengan standar dan memperhatikan ospek budaya setempat |
KK7 | Mampu melakukan manajemen pengelolaan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar |
KK8 | Mampu melakukan pendokumentasian asuhan dan pelaporan pelayanan kebidanan sesuai kode etik profesi |
KK9 | Mampu melakukan KIE, promosi kesehatan dan konseling tentang kesehatan reproduksi, kehidupan berkeluarga sehat antara lain; perilaku reproduksi sehat, perencanaan keluarga, persiapan menjadi orang tua dan pengasuhan anak, pemenuhan hak azasi manusia, keadilan dan kesetaraan gender, serta pandangan tentang kehamilan dan persalinan sebagai proses fisiologis |
KK10 | Mampu melakukan manajemen kebidanan komunitas termasuk upaya negoisasi,advokasi dan kolaborasi interprofesional dalam upaya meningkatkan status kesehatan ibu dan anak |
KK11 | Mampu melakukan upaya pemberdayaan perempuan sebagai mitra untuk meningkatkan kesehatan perempuan, ibu dan anak, perencanaan keluarga sehat, dan antisipasi masalah, pencegahan komplikasi dan kegawatdaruratan |
KK12 | Mampu membuat keputusan secara tepat dalam pelayanan kebidanan berdasarkan pemikiran logis, kritis, inovatif sesuai dengan kode etik |
KK13 | Mampu mengelola pelayanan kebidanan di tempat praktik mandiri bidan dan di fasilitasi pelayanan kesehatan lainnya dalam lingkup tanggungjawabnya |