Capaian pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan 

1. Capaian pembelajaran lulusan lulusan tahap akademik

Sikap (attitude)

CPL-1S-01Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
CPL-2S-02Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika dengan mengedepankan nilai nilai islami
CPL-3S-03Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-4S-04Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-5S-05Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain dengan mengedepankan nilai nilai islami
CPL-6S-06Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-7S-07Menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-8S-08Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-9S-09Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur.
CPL-10S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-11S11Berakhlakul karimah dalam bermuamalah yang bermanfaat bagi diri, masyarakat, bangsa dan negara
CPL-12S12Menginternalisasikan misi persyarikatan Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan

Keterampilan Umum (General Skills)

CPL-13KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
CPL-14KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
CPL-15KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
CPL-16KU4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
CPL-17KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 
CPL-18KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya dengan mengedepankan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-19KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dengan mengedepankan nilai nilai islami
CPL-20KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dengan mengedepankan nilai nilai islami
CPL-21KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiat dengan mengedepankan nilai nilai islami

Keterampilan Khusus (Specific Skills)

CPL-22KK01Mampu mengaplikasikan keilmuan kebidanan dalam menganilisis masalah dan memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah pada lingkup praktik meliputi asuhan pra nikah, pra konsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak pra sekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur dan perimenopause) serta pelayanan KB
CPL-23KK02Mampu mengidentifikasi secara kritis penyimpangan/kelainan sesuai lingkup praktik kebidanan
CPL-24KK03Mampu mendemonstrasikan tatalaksana konsultasi, kolaborasi dan rujukan
CPL-25KK04Mampu mendemonstrasikan penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku
CPL-26KK05Mampu menerapkan berbagai teori kontrasepsi termasuk AKDR dan AKBK
CPL-27KK06Mampu mendemonstrasikan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar
CPL-28KK07Mampu mendemonstrasikan pendokumentasian asuhan kebidanan sesuai standar yang berlaku
CPL-29KK08Mampu mengembangkan KIE dan promosi kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan perempuan pada tahap perkembangan siklus reproduksinya dengan menggunakan hasil riset dan teknologi informasi
CPL-30KK09Mampu menerapkan teori manajemen kebidanan komunitas yang berbasis pada partisipasi masyarakat untuk menyelesaikan masalah melalui pendekatan interprofesional
CPL-31KK10Mampu mengaplikasikan teori dan praktik pengambilan keputusan dan manajemen dalam pelayanan kebidanan sesuai kode etik
CPL-32KK11Mampu mendemonstrasikan langkah-langkah manajemen pelayanan kebidanan dengan pendekatan komplementer yang berlandaskan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-33KK12Mampu mendemonstrasikan terapi komplementer pada ruang lingkup intervensi tubuh, pikiran dan penyembuhan manual dalam pemberian asuhan kebidanan

Pengetahuan (Knowledge)

CPL-34P01Menguasai konsep teoritis ilmu kebidanan, ilmu anatomi dan fisiologi sistem tubuh manusia, manajemen asuhan kebidanan, keputusan klinis, model praktik kebidanan, dan etika profesi secara mendalam
CPL-35P02Menguasai konsep teoritis ilmu obstetri dan ginekologi, serta ilmu kesehatan anak secara umum. 
CPL-36P03Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik, biologi reproduksi dan biologi perkembangan yang terkait dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan dan proses asuhan
CPL-37P04Menguasai konsep teoritis ilmu ekonomi kesehatan, politik kesehatan, kebijakan publik di bidang kesehatan, sosiologi dan antropologi kesehatan epidemologi dan biostatistik, kesehatan masyarakat
CPL-38P05Menguasai konsep teoritis ekologi manusia secara umum dan konsep teoritis psikologis perkembangan dan ilmu perilaku secara mendalam terkait asuhan kebidanan sepanjang siklus reproduksi perempuan dan proses adaptasi menjadi orang tua
CPL-39P06Menguasai konsep teoritis gizi dalam siklus reproduksi perempuan secara umum
CPL-40P07Menguasai konsep dasar, prinsip, dan teknik bantuan hidup dasar (Basic Life Support) dan pasien safety
CPL-41P08Menguasai konsep teoritis keterampilan dasar praktik kebidanan secara mendalam yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer
CPL-42P09Menguasai konsep umum ilmu kesehatan masyarakat
CPL-43P10Menguasai konsep umum patofisiologi yang terkait dengan asuhan kebidanan
CPL-44P11Menguasai prinsip hukum peraturan dan perundangundangan yang terkait dengan pelayanan kebidanan secara umum
CPL-45P12Menguasai konsep teoritis komunikasi efektif, pendidikan kesehatan, promosi kesehatan dan konseling serta penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan kebidanan secara mendalam yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer
CPL-46P13Menguasai konsep teoritis manajemen dan kepemimpinan secara umum
CPL-47P14Menguasai konsep teoritis penelitian dan evidence based practice dalam praktik kebidanan yang lebih berfokus pada kebidanan dengan pendekatan komplementer
CPL-48P15Menguasai konsep teori ilmu hakekat Tuhan, manusia dan kehidupan sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan hadits yang shahih dan ilmu pengetahuan
CPL-49P16Menguasai konsep teori sejarah muhammadiyah, ideologi dan nilai perjuangan muhammadiyah dalam berbagai aspek
CPL-50P17Menguasai konsep teori nilai-nilai islami dan berjiwa entrepreneur dalam pengembangan IPTEK
CPL-51P18Menguasai konsep teori bahasa inggris; Listenning Skill, Speaking and Conversation Skill dalam praktik kebidanan dengan pendekatan komplementer yang berlandaskan nilai nilai islami dan berjiwa entrepreneur
CPL-16P19

Menguasai konsep teori tentang terapi komplementer pada ruang lingkup intervensi tubuh, pikiran dan penyembuhan manual dalam pemberian asuhan kebidanan

2. Capaian Pembelajaran Lulusan Tahap Profesi Bidan

NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan b ermasyarakat dan bernegara
S8Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
IIIAspek Keterampilan Umum
KU1Mampu bekerja dibidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifikdan kompetensi kerja yang minimal setara dengan standart kompetensi kerja profesinya
KU2Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif
KU3Mampu mengkomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya
KU4Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaan oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat
KU5Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja
KU6Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi
KU7Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
KU8Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya
KU9Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan klienya
KU10Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang profesinya sesuai dengankode etik profesinya
KU11Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri 
KU12Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya
KU13Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengaman-kan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya
IVAspek keterampilan Khusus
KK1Mampu melakukan asuhan kebidanan secara holistik, komprehensif dan berkesinambungan yang didukung kemampuan berfikir kritis, reflektif dan rasionalisasi klinis dengan pertimbangan filosofi, keragaman budaya, keyakinan, sosial ekonomi, keunikan individu, sesuai lingkup praktik kebidanan meliputi asuhan pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, bayi, anak balita, anak prasekolah, kesehatan reproduksi (remaja, perempuan usia subur, dan perimenopause) serta pelayanan KB
KK2Mampu mengelola pertolongan persalinan fisiologis atas tanggungjawab sendiri
KK3Mampu melakukan deteksi dini, didukung kemauan berfikir kritis dan rasionalisasi klinis sesuai lingkup asuhan kebidanan
KK4Mampu melakukan konsultasi, kolaborasi dan rujukan
KK5Mampu melakukan penganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal sesuai standar mutu yang berlaku
KK6Mampu melakukan pelayanan kontraspesi alamiah, sederhana, hormonal, dan jangka (AKDR dan AKBK) dan konseling kontrasepsi mantap sesuai dengan standar dan memperhatikan ospek budaya setempat
KK7Mampu melakukan manajemen pengelolaan pencegahan infeksi, pasien safety dan upaya bantuan hidup dasar
KK8Mampu melakukan pendokumentasian asuhan dan pelaporan pelayanan kebidanan sesuai kode etik profesi
KK9Mampu melakukan KIE, promosi kesehatan dan konseling tentang kesehatan reproduksi, kehidupan berkeluarga sehat antara lain; perilaku reproduksi sehat, perencanaan keluarga, persiapan menjadi orang tua dan pengasuhan anak, pemenuhan hak azasi manusia, keadilan dan kesetaraan gender, serta pandangan tentang kehamilan dan persalinan sebagai proses fisiologis
KK10Mampu melakukan manajemen kebidanan komunitas termasuk upaya negoisasi,advokasi dan kolaborasi interprofesional dalam upaya meningkatkan status kesehatan ibu dan anak
KK11Mampu melakukan upaya pemberdayaan perempuan sebagai mitra untuk meningkatkan kesehatan perempuan, ibu dan anak, perencanaan keluarga sehat, dan antisipasi masalah, pencegahan komplikasi dan kegawatdaruratan
KK12Mampu membuat keputusan secara tepat dalam pelayanan kebidanan berdasarkan pemikiran logis, kritis, inovatif sesuai dengan kode etik
KK13Mampu mengelola pelayanan kebidanan di tempat praktik mandiri bidan dan di fasilitasi pelayanan kesehatan lainnya dalam lingkup tanggungjawabnya